Senin, 04 Maret 2013

Drama Bahasa Indonesia

Drama ini kami buat sebagai tugas ujian praktik. Enjoy this story :)



NAMA PARA PEMAIN

1.    A. Aria Bagas Satria W. H                              (21)
Sebagai Pemeran Utama “Kliwon”
Baik, agak gagap, sudah lama menjomblo dan sedang mencari jodoh
2.    Indah Dwi Rodhiyah                                                  (24)
Sebagai “Angel”
(Temannya Syueb - Judes, angkuh dan pilih-pilih)
3.    Ayustya Krisnaputri                                                   (28)
Sebagai “Melinda”
(Temannya Syueb - Genit, matre, seksi dan suka menghina)
4.    Amadhea Septiningtyas                                            (31)
Sebagai “Mimi”
(Temannya Jono  - Ramah, baik tapi jorok)
5.    Anggia Witantri                                                          (32)
Sebagai “Jeni”
(Temannya Jono  - Anak metal, buta dan susah ngomong/ inklusi)
6.    Iqbal Andhi Brianto                                                   (36)
Sebagai “Carissa” dan Bartender
Baik, muslimah, pemalu, lemah lembut dan ternyata banci
7.    Mochammad Adhi Prasetyo                                     (37)
Sebagai “Jono” dan Penghulu
Sahabatnya Kliwon, agak ndeso, apa adanya, asik
8.    Windra Alfatah Surya                                               (38)
Sebagai “Syueb”
Sahabatnya Kliwon, anak gaul dan eksis, playboy










Malam Jum’at Kliwon


          Disebuah rumah kost di daerah perumahan yang elite, tinggalah 3 pemuda yang bersahabat sangat karib. Namanya Kliwon, Jono dan Syueb. Mereka bertiga kuliah disalah satu universitas negeri di Kota Metropolitan tersebut. Pada suatu malam senin, Kliwon yang duduk di sofa teras depan tampak galau akibat tak kunjung datangnya jodoh. Ia iri kepada kedua temannya tersebut, mereka bisa mendekati cewek dengan mudah padahal mukanya nggak cakep-cakep amat. Akhirnya Kliwon memutuskan untuk meminta pertolongan kepada teman-temanya. Berikut ini kisah pencarian jodoh si Kliwon….
(Kliwon duduk diteras depan, datang Jono)
Jono            : “Won mukamu kok jelek? Biasanya nggak sejelek ini” (menatap     kliwon)
Kliwon        : “Jon, ternyata loe ganteng banget”
Jono            : “Inyong masih suka sama cewek, Won”
Kliwon        : “Kalaupun gue homo ya pilih-pilih tau. Sob, loe tau nggak? Gue galau nih
(Syueb datang dari dalam rumah sambil ngopi)
Syueb                   : “Pasti masalah cewek” (duduk disofa dengan santai)
Kliwon        : “Kok loe tau sih?”
Syueb                   : “Iyalah, loe tau kan siapa gue? Loe mau gue kenalin cewek gak? Dijamin” (angkat jempol)
Kliwon        : “Ciyus? Miapah?”
Jono            : “Inyong juga punya won”
Syueb                   : “Jangan percaya loe sama Jono, paling kenalannya anak perempatan Kota Tegal”
Kliwon        : “Udah-udah yang penting kenalin dulu sama cewek-cewk rekomendasi dari kalian.”
Syueb                   : “Okedeh (mengeluarkan handphone). Ini cewek namanya Angel. Coba lihat fotonya, cantik kan?”
Kliwon        : “Kayaknya oke juga nih, tapi…..?”
Syueb                   : “Udah semuanya gue yang atur. Loe terima beres aja”
Jono            : “Alah, inyong yakin itu pasti nggak bener”
Syueb                   : “Ah diem loe”

Akhirnya pada hari kamis malam jum’at disebuah café ekslusif, Angel menunggu Kliwon datang menghampirinya.
(Kliwon di depan Café menelepon Syueb)
Kiwon         : “Temen loe kayak apa?.........Oh yang pake baju itu?.....Oh itu hm….Oke deh”
(menghampiri Angel, duduk)
Angel          : “Loe ngapain duduk ditempat gue?”
Kliwon        : “Loe Angel kan?” (nunjuk Angel)
Angel          : “Iya. Loe temennya si Syueb?” (jutek)
Kliwon        : “Iya nih bener. Sudah nunggu dari tadi ya? Udah makan? Udah minum? Tadi seharian ngapain aja? Kamu kuliah dimana? Asik? Seru?
Angel          : “Loe siapa tanya-tanya gue? Emang hidup gue urusan loe ya?”
Kliwon        : “Loh gue cuma mau perhatian sama loe. Eh dimuka kamu ada apanya tuh?” (mendekati wajah Angel)
Angel          : “Eh kurang ajar loe, baru kenal pegang-pegang muka gue. Udah deh pergio, kamu lho jelek. Udah pergi sana. Dasar cowok mesum.” (menyiram muka Kiwon dengan air)

Kemudian Kliwon pulang ke kost an dan kemudian duduk ditengah-tengah Jono dan Syueb…….
Syueb                   : “Gimana won? Asik banget kan si Angel?”
Kliwon        : “Parah bro. Dia jutek banget”
Jono            : “Nah kan apa inyong bilang. Nggak bakalan bener tuh kenalannya Syueb”
Syueb                   : “Udah deh cewek masih banyak, Won. Gue masih punya satu lagi buat loe. Dia namanya Melinda, seksi, cantik dan model ngetop cover majalah bekas. Dijamin beeh………asik banget”
Kliwon        : “Serius? Yakin?”
Syueb                   : “Banget. Kali ini gue yang atur semuanya. Besok kamis tengah malam, loe ketemuan di tempan clubbing namanya DC, dia biasanya nongkrong disana”

Pada kamis tengah malam, Angel tampak menunggu kedatangan seseorang di bar clubbing sambil menegak beberapa gelas alcohol….
(Kliwon menghampiri Melinda)
Kliwon        : “Kamu Melinda ya?”
Melinda      : (genit) “Eh Kliwon ya? Ganteng banget nih, sini duduk di sebelah aku”
Kliwon        : “Iya gue Kliwon temennya si Syueb. Udah daritadi disini ya?”
Melinda      : “Lumayan sih. Hm hape kamu kok katrok gitu sih? Nggak sesuai dong sama muka kamu hihi” (genit)
Kliwon        : “Eh ya gini ini gue, Mel. Ini warisan nyokap gue. Udah makan?”
Melinda      : “Udah. Bayarin ya? Tadi gue beli yang paling mahal disini. Tenderloin Steak, sama nambah minum-minum sama cemilan gitu ya kayaknya nggak mahal kok Cuma 500ribuan aja”
Kliwon        : “Ha? Yaudah deh, mau gue anterin pulang? Kasian kamu malem-malem gini jugaan”
Melinda      : “Bawa mobil nggak? Aku alergi kalau naik motor”
Kliwon        : “Gue Cuma punya motor”
Melinda      : “ Ah kere banget sih. Kalau gitu gue minta ongkos pulang buat naik taksi 200ribu”
Kliwon        : “Kan uangnya udah gue buat bayarin makan loe tadi”
Melinda      : “tuh kan kere banget, males ah. Gue pulang jangan lupa bayarin tuh makanan gue”

Kemudian Kliwon pulang ke kost an dan kemudian duduk ditengah-tengah Jono dan Syueb…….
Kliwon        : “Sumpah sob dia matre banget. Tekor kalau gini caranya”
Jono            : “Apa kan inyong bilang, mending inyong kenalin sama teman inyong”
(Syueb menguping sambil minum kopi)
Kliwon        : “Yakin nih? Nanti kayak kenalannya Syueb”
Jono            : “Yakin nih sama inyong. Coba lihat ini temen inyong namanya Jeni. Agak metal namanya tapi dia asik trus supel banget”
Kliwon        : “Hmm kelihatannya baik juga tuh”
Jono            : “Oke, inyong yang atur deh ketemuan di food court Café Bar di PM yaaa”

Kemudian Kliwon menunggu datangnya Jeni di Café Bar. Kemudian tamapk dari kejauhan datanglah Jeni dengan baju gaya anak metal mengajak dan kemudian mengajak Kliwon untuk tos.
(tos, lalu Kliwon menjulurkan tangannya untuk kenalan)
Kliwon        : “Hai gue Kliwon, gue temennya Jono. Nama kamu siapa?”
Jeni             : “Gue Jeni” (logat bicara terbata-bata karena inklusi)
Kliwon        : “Ha? Siapa? Eni? Egi? Edi?”
Jeni             : “Jeni”
Kliwon        : “Oalah Jeni, udah lama disini? Udah makan?”
Jeni             : “Tampan? Ah iya Kliwon tampan”
Kliwon        : “Makan” (ekspresi muka dan tangan nunjukin makan)
Jeni             : “Oh makan, udah sama tahu. Kamu? Eh jeni suka music metal lho, kamu suka music apa? Dangdut? Samaan dong sama bapak gue. (ngomong gnggak jelas panjang lebar)
(Kliwon mendadak pingsan)
Jeni             : “Lho kok pingsan? Gue belum selesai ngomong”

Kemudian Kliwon pulang ke kost an dengan kemudian duduk disofa dan Jono datang menghampirinya…..
Kliwon        : “Ah loe sama nggak benernya sama Syueb”
Jono            : “Tenang, inyong masih punya temen siji maning. Terakhir nih, serius dia anaknya baik dan cantik banget. Kalau gagal lagi inyong bakalan lari muterin komplek ini cuma koloran doang”
Kliwon        : “Gue pegang omongan loe”

Akhirnya Kliwon diperkenalkan dengan Mimi dirumah kost an mereka. Mimi datang dan mengetuk pintu. Lalu Jono membuka kan pintu dan mempersilahkan Mimi masuk dan di ruang tamu Kliwon sudah menunggu kedatangan Mimi..
Jono            : “Won, Ini Mimi temen inyong. Mimi kenalin ini Kliwon temen inyong yang kapan ari inyong bilang ntuh”
Kliwon        : (senyum) “Hai, Kliwon”
Mimi           : “Mimi”
Kliwon        : “Oh ya silahkan duduk, kamu temannya Jono?”
Mimi           : “Iya nih lebih tepatnya Mimi teman TK nya Jono”
Kliwon        : “Wah masih inget yah haha, eh diminum dulu tehnya itu. Keburu dingin”
(Mimi maju ambil teh di meja lalu kentut)
Kliwon        : “Eh siapa tuh kentut?”
Mimi           : “Eh maaf Mimi kelepasan hihi”
Kliwon        : “Hehehe nggakpapa kok” (mulai ilfil)
Mimi           : (sendawa) “Eh maaf Mimi kelepasan lagi”
Kliwon        : “Iya nggakpapa kok, kamu mau makan apa?”
Mimi           : (sendawa dan kentut) “Ehm nggak deh won. Mimi kembung nih, biasanya cuma kentut kalau nggak sendawa aja. Tumben nih Mimi dapet dua-duanya”
Kliwon        : “Em yaudah deh gue mau ada acara nih. Loe mau gue anterin pulang nggak? Oh tapi kayaknya motor gue mogok lagi dibengkel. Naik taksi aja gimana? Tapi ya pulang sendiri……
Mimi           : “Sebenernya Mimi masih pengen lama disini tapi kalo Kliwon maunya gitu yaudah deh. Dada Kliwooooooon” (sendawa dan kentut terus)
(Mimi pulang, kemudian Kliwon menyemprot parfum)
Kliwon        : “Parah nih cewek”

Kemudian Syueb datang menghampiri Kliwon di sofa sambil minum kopi. Jono juga ikut nimbrung……
Kliwon        : “Kayaknya cuma gue deh yang jadi jomblo seumur hidup”
Syueb         : “Napa loe?” (minum kopi)
Jono            : “Mampus aku……………..”

Keesokan harinya Jono lari keliling kompleks hanya pakai kolor dan Kliwon yang sedang galau berjalan disebuah taman dekat kost an nya. Dan…………
Bruuuukk….
Kliwon        : “Aduh sori….sori”
(bertatap muka dan terkesima)
Carissa       : “Eh nggakpapa kok”
Kliwon        : (Menjulurkan tangannya) “Namaku Kliwon, namamu siapa?”
Carissa       : “Carissa, maaf ya bukan muhrim”
Kliwon        : “Oh iya iya maafin ya, kamu tinggal di kompleks ini juga? Dimana?”
Carissa       : “Rumahku di Blok S, kamu?”
Kliwon        : “Oh…..di Blok S. Aku di Blok A, kok aku nggak pernah lihat kamu ya?”
Carissa       : “Iya aku baru pindah kesini 3 hari yang lalu, kebetulan tadi pengen jalan-jalan keliling kompleks makanya kesini”
Kliwon        : “Oh gitu, selamat deh hehe. Kamu udah makan belum?”
Carissa       : “Sebenernya udah tapi masih laper nih, kamu sendiri udah makan?”
Kliwon        : “Belum juga nih, makan yuk”

Akhirnya merekapun “kencan” disebuah rumah makan padang dan kemudian mereka melanjutkan pembicaraan yang terputus tadi untuk lebih saling mengenal satu sama lain. Setelah 3bulan PDKT lalu mereka menjalin sebuah hubungan sekama 9bulan. Lalu mereka merasa sangat cocok dan memutuskan untuk menikah pada bulan ke 13 hari jumat tanggal 13, dan akad nikah pun dimulai…
Penghulu     : “Bagaimana? Apakah akad nikah bisa segera dimulai?”
Saksi           : “Iya bisa, pak”
Penghulu     : “Baik. Saya nikahkan Carissa binti Inung dan Kliwon bin Wage dengan mas kawin seperangkat alat sholat solat dibayar tunai”
Kliwon        : “Saya terima nikahnya Carissa binti Inung dengan mas kawin seperangkat alat sholat dibayar tunai”
Penghulu     : “Bagaimana para saksi? Sah? Barakallah. Baik karena sudah sah silahkah boleh dicium tangan dan pipinya”

Lalu Carissa perlahan-lahan membuka cadar yang selama ini menutupi wajahnya. Dan ternyata Carissa mempunyai kumis dan sesungguhnya ia adalah seorang BANCI!!! Kliwon pun pingsan dengan sukses. Jodoh yang selama ini ia cari ternyata tak seindah yang ia bayangkan.





TAMAT

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar